Wujudkan Sula Bahagia, Pemda Bakal Bentuk Penyuluh di Setiap Desa

Wujudkan Sula Bahagia, Pemda Bakal Bentuk Penyuluh di Setiap Desa
  Lintas Timur
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Waktu dekat Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sula, bakal bentuk penyuluh di 80 Desa.

Hal ini di ungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Sula, Muhlis Soamole saat di wawancarai Lintastimur.co.id. Senin (8/1/2024)

“Peningkatan masyarakat Sula dalam hal bertani di 2024 ini, ada kebijakan pemerintah daerah, yaitu ibu Bupati Hj. Fifian Adeningsi Mus dan pak Wakil Bupati H. Saleh Marasabessy untuk bagaimana menetapkan satu penyuluh satu Desa,” ungkapnya

Baca Juga:  Bupati dan Peserta Sula Basanohi Ikut Upacara HUT RI di Istana Negara

Muhlis menyampaikan, penyuluh yang bakal di bentuk adalah, penyuluh di sektor  pertanian dan perikanan, agar semua dapat di kontrol langsung oleh penyuluh tersebut.

“Dengan tujuan, bahwa kedepan soal Dana Desa 20 persen untuk ketahanan Pangan, baik itu di sektor pertanian maupun di sektor perikanan, itu dapat di kontrol langsung oleh masing-masing penyuluh yang ada di Desa,” katanya

Rencananya, Tambah Muhlis, Pemda Sula juga bakal mengangkat penyuluh yang sarjananya pertanian dan perikanan di Desa-desa yang memiliki potensi.

Baca Juga:  Wujudkan Sula Bahagia, Pemda dan Tim DOB Bakal Mekar Mangoli Raya

“Jadi penyuluh itu di angkat di Desa-desa yang punya potensi, yakni anak yang lulusan sarjana yang berkualifikasi sarjana pertanian maupun perikanan,” ujarnya

Orang nomor Tiga di Kepulauan Sula itu juga mengatakan, dalam mendukung program pemerintah daerah ini, penyuluh yang diangkat tidak meninggalkan tempat dengan waktu yang lama.

“Sehingga dalam mendukung program-program Pemerintah Daerah itu yang bersangkutan selaku penyuluh tidak meninggalkan tempat dalam waktu yang terlalu lama,” ucapnya

Baca Juga:  Hebohkan Warga Sula, Pria yang Mengaku Rasul Allah Ditangkap Polisi

Lebih lanjut, Muhlis menjelaskan, penyuluh yang di angkat, akan di gaji oleh Pemerintah Daerah, melalui kebijakan Bupati Kepulauan Sula dan wakil Bupati.

“Penyuluh itu di gaji oleh pemerintah Daerah, melalui Kebijakan Bupati dan Wakil Bupati dan berlaku di tahun 2024,” pungkasnya.

Diketahui, Dalam waktu dekat seleksinya akan di lakukan oleh Dinas Pertanian Kepulauan Sula.

Penulis : Maradon Duwila

Bagikan:

Tinggalkan Komentar