Wakil Bupati Sula Buka Kegiatan Semarak Gema Qurban Musholla Al-Hasan Desa Waiipa

Wakil Bupati Sula Buka Kegiatan Semarak Gema Qurban Musholla Al-Hasan Desa Waiipa
  Lintas Timur
Penulis
|
Editor

SANANA, Lintastimur.co.id- Pengurus dan Panitia Musala Al-Hasan Desa Waiipa, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M. dengan melaksanakan kegiatan gema Semarak Qurban pasca shalat Idul Adha, Rabu (29/06/23).

Sesuai rilis panitia, Basri Buamona selaku ketua panitia kegiatan semarak gema Qurban menyampaikan bahwa pemotongan hewan qurban sebanyak 14 ekor sapi yang dirangkaikan dengan kegiatan Serimonial Semarak Gema Qurban. Kegiatan yang diberi Tema “Berqurban untuk Negeri, Berbagai Untuk Kemanusiaan” ini digelar hanya sehari pada usai sholat idul Adha namun pemotongan hewan akan dilakukan selama tiga hari.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya Wakil Bupati Kepulauan Sula Bapak H. M. Saleh Marasabessy, M.Si, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepulauan Sula Bapak H. Abd Rahman Kharie, M.Pd.I, Ketua STAI Babussalam Sula Maluku Utara Bapak Sahrul Takim, M.Pd.I, Ketua Yayasan Alfalah Bukit Rahmat Bapak Ustadz Ahmad Falhum, Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara Bapak H. Safi Pawah, SH, Pimpinan PT Aksar Saputra Lines Kepulauan Sula Bapak Julkifli Samuda, Kepala Desa Waiipa Bapak Daut Fokaaya dan pihak yang berqurban, baik kelompok Qurbann maupun yang qurban secara pribadi.

Baca Juga:  Dua Bocil Berparas Cantik Di Sula Bantu Galang Dana Untuk Palestina

Lebih lanjut, Basri menyatakan bahwa dalam kegiatan semarak gema Qurban juga di sediakan 2 unit Lapak Makanan untuk tamu undangan yang disajikan secara gratis, dimana setiap lapak terdapat makanan tradisional orang Sula yang sudah mulai ditinggalkan, kegiatan tersebut diadakan dengan tertib sesuai syariat Islam.

Foto: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kepulauan Sula Bapak H. Abd Rahman Kharie saat Membagi Daging Qurban kepada warga yang membutuhkan

Wakil Bupati Kepulauan Sula H.M. Saleh Marasabessy, dalam sambutannya menyatakan bahwa terdapat beragam manfaat berkurban bagi umat Islam. Salah satunya yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Manfaat berkurban bagi umat Islam selanjutnya adalah sebagai ungkapan rasa syukur sebagai umat Islam, saat mendapatkan rezeki sebaiknya dibarengi dengan rasa syukur kepada Allah SWT.

Tak haya itu, orang nomor dua di kepsul itu juga mengingatkan jika rezeki yang didapat juga terdapat hak orang lain yang membutuhkan. Karenanya, dianjurkan berkurban bagi umat Islam yang mampu sebagai tanda kasih sayang dengan saling berbagi ke sesama. Sebab kebahagiaan itu bukan persoalan materil tetapi hakikat dari kebahagiaan adalah bersyukur atas apa yang telah di berikan oleh Sang Pencipta.

Baca Juga:  Panen di Wainin, ini Pesan Bupati Kepulauan Sula

Manfaat berkurban selanjutnya mendapat keberkahan hidup di dunia. Ketika menyaksikan hewan disembelih, muncul perasaan syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT pada diri manusia. Dengan bersyukur ini, hidup akan menjadi lebih berkah dan jiwa terhindar dari penyakit hati. Apabila hati dan jiwa tenang, maka untuk menjalani hidup pun akan terasa lebih mudah. Karena percaya bahwa pertolongan akan selalu datang dari Allah SWT.

Kesadaran masyarakat untuk berqurban dengan jumlah hewan qurban (sapi) sebanyak 15 ekor menandakan sudah ada kesadaran masyarakat Sula dalam menjalankan syariat Islam utamanya di kepulauan Sula. Hal ini layak di contohi dan patuh di apresiasi. Wakil Bupati mengakhiri Sambutannya dengan membuka Kegiatan Semarak Gema Qurban Desa Tahun 2023.

Di akhir acara semarak gema Qurban, dilakukan pembagian daging qurban oleh para Muspida dan pengurus Musholla Al-Hasan kepada yang penerima qurban dan acara Serimonial dinyatakan selesai. Namun pemotongan dan pembagian hewan qurban terus berlanjut. Untuk pembagian hewan kurban, pengurus Mushola akan membagikan kupon yang di dalamnya tertera waktu pengambilan.

Baca Juga:  Serahkan 89 Peserta Bimtek, Rektor IPDN Beri Apresiasi Kepada Bupati Sula

Terpisah Sekretaris Musholla Al-Hasan Desa Waiipa Sahrul Takim menyatakan, Jumlah hewan yang dikurbankan sebanyak 15 ekor sapi, namun sesuai hasil musyawarah karena permintaan warga, satu ekor hewan qurban telah di bagikan ke Desa Waisum Kecamatan Mangoli Utara Timur dan sudah diantar lima hari yang lalu. Selanjutnya Kupon untuk 14 ekor sapi ini dibagi dalam tiga hari dengan jumlah kupon per hari sebanyak 320 kupon.

“Saat pengambilan daging, masyarakat mengambil sendiri ke Musala Al-Hasan. Masyarakat yang datang, kita memberikan waktu. Sebagian kita yang antar langsung. Jadi tidak terlalu ramai. Insya Allah bisa lebih aman”, tutur Sahrul.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin berqurban untuk idul Adha Tahun depan agar bisa bergabung dengan kelompok Qurban Musholla Al-Hasan Desa Wai Ipa.

“Hanya dengan biaya 125.000 rupiah, selama satu tahun anda sudah bisa berqurban atas nama diri anda sendiri atau orang lain. Karena dengan cara ini akan memudahkan masyarakat utamanya umat muslim kepulauan Sula untuk bisa berqurban setiap tahunnya”, Tutupnya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar