Wakapolda Malut, Melaksanakan Kuker di Polres Morotai

Wakapolda Malut, Melaksanakan Kuker di Polres Morotai
  Lintas Timur
Penulis
|
Editor

TERNATE,Lintastimur.co.id- Memastikan netralitas Polri dalam menyongsong Pemilu 2024, Wakapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Samudi, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Polres Pulau Morotai, pada Rabu (06/12/2023).

Kegiatan yang bertempat di Aula Kantor Bupati Pulau Morotai tersebut, dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Malut, Kapolres Pulau Morotai dan personil Polres Pulau Morotai.

Dalam Arahannya, Wakapolda Malut Brigjen Pol Samudi menegaskan, pentingnya netralitas Polri dalam Pemilu 2024 sebagai langkah krusial untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi berjalan kondusif dan aman.

Baca Juga:  Wakil Bupati Hadiri Gladi Upacara HUT RI di Istana Daerah Kepsul 

Selain itu, Samudi juga menyoroti ketentuan UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri Pasal 28 Ayat (1), yang dengan tegas menyatakan bahwa anggota Polri tidak dapat menggunakan hak memilih atau dipilih.

Demikian pula, ia mengingatkan terkait PP No. 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri Pasal 5 Huruf b, yang melarang keterlibatan dalam kegiatan politik praktis.

Samudi juga mengingatkan, merinci aturan dalam Perpol No. 7 Tahun 2022 tentang KEPP dan KKEP Pasal 4 Huruf h, yang menekankan bahwa setiap pejabat Polri dalam Etika Kenegaraan wajib bersikap netral dalam kehidupan politik.

Baca Juga:  Pemda Sula Dapat Bantuan 30 Milyar Lebih Dari Kementerian Desa PDTT RI

“Untuk Polres Pulau Morotai, saya ingatkan agar tidak mengunggah foto yang menunjukkan jari satu, dua, atau tiga, sejalan dengan larangan keras bagi anggota Polri untuk mengangkat tangan dalam berfoto,” tandasnya

Samudi mengatakan, pentingnya menjaga netralitas dengan tidak melibatkan diri dalam pemilu dan menghindari gaya hidup mewah yang dapat merusak citra Polri. Kasie Propam diminta untuk selalu memeriksa personel yang menggunakan kendaraan atau barang mewah.

Baca Juga:  Tampil Perdana, SSB Freedom Sula Kalahkan SSB IM Ternate 2-0

“Upaya untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi Polri dengan instansi terkait seperti KPU, Bawaslu, dan TNI juga ditekankan demi memastikan keamanan dan kelancaran jalannya Pemilu 2024,” ujarnya

Mengakhiri arahannya, ia mengajak seluruh personel menjadi aparat negara yang netral, sejalan dengan harapan masyarakat.

“Selalu berhati-hati dalam bertingkah laku, tutur kata, dan waspada terhadap situasi atau hal-hal yang dapat merugikan netralitas Polri,” pungkasnya. (Dhona)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar