Tampilkan Tarian Asli Sula, ini yang Disampaikan Alfarabi Umaternate

Tampilkan Tarian Asli Sula, ini yang Disampaikan Alfarabi Umaternate
Oplus_131072  Foto: Tarian Asli Sula
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Tarian khas Kepulauan Sula ditampilkan di acara puncak HUT Kabupaten Kepulauan Sula ke-21 tahun, dalam rangka penjemputan para tamu undangan.

Tarian tersebut dilaksanakan di pintu utama gerbang Istana Daerah, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana. Jumat (31/5/2024).

Pantauan Lintastimur.co.id, sekitar pukul 08.22 wit. Tampilan tarian khas Sula diperagakan oleh putri putra Sula, dengan diiringi bunyi suling dan gendang serta nyanyian lagu daerah kepulauan sula.

Baca Juga:  Siswi SDN Waiman, Ikut Partisipasi Galang Dana Untuk Palestina

Koordinator peserta tarian Alfarabi Umaternate mengatakan kepada wartawan mengatakan, tiga tarian tradisional asli Sula itu, ditampilkan sebagai bentuk suka cita merayakan HUT Kabupaten Kepulauan Sula ke-21.

“Ini sesuatu yang baru di HUT Kabupaten Kepulauan Sula. Biasanya acara HUT itu para tamu undangan datang itu kan langsung masuk saja, tanpa di iringi apapun,” ucapnya

Kata dia, dengan adanya tarian Gambus, Ronggeng Gala dan Laka-Baka ini, adalah bentuk penjemputan para tamu undangan yang merupakan keistimewaan tersendiri.

Baca Juga:  Wou.! Karena Janji Warga, Bupati Taliabu Tepati Hadirkan D'Bagindas di Desa Sofan

“Tapi ini kita mau ciptakan kesan yang berbeda, karena ini kita punya hari besar maka seluruh para tamu undangan kita menghargai dengan menyegukan persembahan tarian Gambus, Ronggeng gala, Laka Baka, khas Sula,” ujarnya

Lebih lanjut, tambah dia, ketiga tarian ini juga, sempat ditampilkan pada Hari Ulang Tahun Indonesia tahun ke 78, 2023 kemarin di Istana Negara RI.

“Ini juga kemarin kita tampilkan di Istana Negara, nah kita mau mencoba refleksi kembali pada masyarakat sula,” pungkasnya

Baca Juga:  Hari Terakhir, Camat dan Kades Kepsul Studi di Desa Bungursari

 

Penulis : Maradona Duwila

Bagikan:

Tinggalkan Komentar