Rumah Baca Eta Sua Dapat Bantuan Buku Dari Perpustakaan Nasional

Rumah Baca Eta Sua Dapat Bantuan Buku Dari Perpustakaan Nasional
  Ules Banapon
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Perpustakaan Eta Sua mendapat bantuan 150 judul buku dan 300 eksemplar dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Proses serah terima Perpustakaan Nasional diterima lansung oleh Desa Kepala Desa, yang berlangsung di Rumah Baca Eta Sua Desa Pastina Kec. Sanana, Kab. Kepulauan Sula. Rabu (26/07/23) Pagi.

Perwakilan Perpustan Adam Mustafa, Kepada media menyatakan bahwa bantuan buku ini dalam rangka program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) ini merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan

Lebih lanjut, Adam menyebut peran perpustakaan sangat dibutuhkan dalam menyiapkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing dalam menghadapi tantangan global. “Perpustakaan berbasis inklusi sosial diharapkan dapat meningkatkan literasi informasi bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Pastina,” Harapannya.

Baca Juga:  HUT PGRI ke-78, Bupati Kepsul Berikan Hadiah Kepada Guru Terbaik

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Pastina Muhidin Umagapi mengatakan bahwa atas nama pemerintah desa dan pengelola perpustakaan Eta Sua mengucapkan banyak terimakasih kepada Perpustakaan daerah, Perpustakaan provinsi maluku utara dan Perpustakaan Nasional yang telah memberikan buku bacaan sehingga masyarakat Desa Pastina dapat menikmati bantuan dari pemerintah.

Melalui perpustakaan Eta Sua, maka pendidikan non formal baik orang dewasa maupun anak sekolah dapat berjalan dengan lancar, tentu perpustakaan ini menjadi ruang publik untuk saling berbagi pengalaman dan juga meningkatkan kompetensi masyarakat, sehingga kedepan kami akan membuka pelayanan di lokasi pantai wisata desa pastina.

Baca Juga:  Tak Mau Berhenti di Desa Wailia, Bupati Tembus Sulbar dan Sula Selatan Demi Santuni Janda

“Dengan adanya bantuan buku ini saya mengharapkan bisa mambantu giat baca bagi seluruh masyarakat maupun para pelajar yang ada di Desa Pastina,” Harapannya.

Selain itu, Ketua Parpustakaan Eta Sua, Aisyah Tecoalu menyampaikan bahwa dirinya membuka perpustakaan desa pastina sudah lama dan telah mendapat bantuan buku baik dari provinsi maupun dari perpustakaan nasional, meski masih swadaya. Dirinya masih membutuhkan tenaga tambahan untuk mengelola parpustakaan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat setempat.

Baca Juga:  Sambut HKN, Dinkes Sula Gelar Pengobatan Gratis & Sunatan Masal

“Iya. Kami masih kekurangan tenaga sehingga layanan kami paling banyak di malam hari, sementara kalau untuk siang hanya beberapa jam sesuai waktu sekolah, kebutulan lokasi Perpustakaan Eta Sua ini berada di lingkungan sekolah SMKN 8 Kepsul dan MTs Pastina,” jelasnya.

Selain perpustakaan buku, mereka juga membuka layanan kursus bahasa inggris gratis maupun melakukan agenda keagamaan seperti melakukan pengajian khusus untuk ibu-ibu di Desa Pastina.” Sudah beberapa kali gelar pengajian di perpustakaan maupun memberi kursus bahasa inggris bagi pelajar dan masyarakat kepulauan sula,” tutupnya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar