Ribuan Warga Serbu Lokasi Gerakan Pangan Murah di Kepulauan Sula

Ribuan Warga Serbu Lokasi Gerakan Pangan Murah di Kepulauan Sula
  Ules Banapon
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Mencermati dinamika harga pangan pokok strategis serta dalam rangka upaya pengendalian harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha Tahun 2023, Badan Pangan Nasional melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak di 34 Provinsi dan 256 kabupaten/Kota Republik Indonesia, Senin, 26 Juni 2023.

Pantauan media lintastimur.co.id, ribuan warga serbu kegiatan gerakan pangan murah di benteng Fort De Verwachting kabupaten kepulauan sula, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia, Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Menteri Keuangan Republik Indonesia dan Gubernur Bank Indonesia secara hybrid melalui aplikasi Zoom di Jakarta.

Baca Juga:  Jelang Pembukaan, Fhens Brasil Bentuk Kepengurusan di Kepulauan Sula

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Sula Siti Hawa Marasabessy kepada sejumlah awak media, Mengatakan bahwa dalam rangka menyambut hari Raya Idul Adha Tahun 2023, Badan Pangan Nasional dan Pemerintah Daerah melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang melibatkan Bulog Ternate, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Perindagkop Kabupaten Kepulauan Sula.

Foto: Ribuan Warga Kepulauan Sula Serbu Gerakan Pangan Murah (Pasar)

Lebih lanjut, Siti Hawa juga menambahkan bahwa terkait kegiatan gerakan pangan murah (GPM) tersebut dalam rangka upaya pengendalian harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha dengan hestek ‘Sinergi Bersama Untuk Stabilitas Pasokan dan Harga’. Insya Allah kedepan pemerintah daerah tetap melaksanakan kegiatan yang sama seperti ini walaupun bukan di hari-hari besar keagamaan.

Baca Juga:  Tingkatkan Partisipasi Pelayanan, GKPII Negeri Passo Jemaat Bukit Moria Koinonia ke Jemaat GKI Imanuel Soop

“Untuk kepentingan masyarakat banyak maka pemerintah daerah akan tetap melaksanakan kegiatan yang sama, kegiatan seperti ini sesuai dengan sambutan Pak Menteri Dalam Negeri dalam pembukaan yang menyatakan bahwa pemerintah daerah harus serius mencermati dinamika pasokan dan harga pangan di daerahnya masing-masing,” Katanya.

Siti Hawa juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan gerakan pangan murah dengan harga sebagai berikut:
1. Beras SPHP Medium Harga Pasar Rp. 14000/Kg sedangkan Harga Jual Rp. 10.250.
2. Telur Harga Pasar Rp. 68.000, sedangkan harga jual Rp. 50.000.
3. Gula Pasir Harga Pasar Rp. 19.000 sedangkan harga jual Rp. 13.000.,
4. Cabe kriting Harga Pasar Rp. 60.000 -65.000 sedangkan Harga Jual Rp. 58.000.,
5. Jagung harga pasar 25.000 sedangkan harga jual Rp. 18.000
6. Rica harga pasar 65.000 sedangkan harga jual Rp. 58.000/Kg
7. Tomat Harga Pasar 25.000 sedangkan harga jual Rp. 20.000/kg
Sayur kangkung, sayur bayang, sayur papari, sayur terong, sayur kacang panjang harga pasar Rp. 10.000 sedangkan harga jual Rp. 000/3 ikat.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar