Polres Kepsul Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Polres Kepsul Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
  Foto: Polres Kepulauan Sula menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Kepolisian Resor Sula menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Kapolres Sula AKBP Kodrat Muh Hartanto, S.I.K, dilaksanakan di depan Mako Polres, Sabtu (1/6/24).

Hadir pada upacara tersebut, Kabag Ops Kompol Kurniawi H. Barmawi S.I.K, Pejabat Utama Polres Sula Serta Para Personel Polres Sula.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang kembali bagaimana Pancasila sebagai dasar negara berdiri teguh dari berbagai upaya yang dilakukan untuk menjatuhkannya.

Kapolres Kepulauan Sula AKBP Kodrat Muh Hartanto dalam Sambutannya membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang pada intinya.

Baca Juga:  Bacalon Bupati Kepsul, FAM Ambil Formulir Partai Demokrat

Dalam amanat tersebut, disampaikan bahwa pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, nilai-nilai Pancasila diharapkan menjadi filter untuk menghadapi tantangan masa depan. Dengan semangat Pancasila yang kuat, kita yakin seluruh tantangan dapat diatasi.

Baca Juga:  Ribuan Pengurus dan Simpatisan Golkar Menjemput AHM di Bandara Emalamo Sanana¬†

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ujar Kapolres AKBP Kodrat Muh Hartanto.

Kodrat juga mengajak, untuk harus patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara.

Untuk itu, kata dia, kita semua telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa

Baca Juga:  Pemda Sula Gelar Musrenbang Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2025

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk bersama-sama bergotong royong merawat dan mengamalkan Pancasila untuk Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional bhinneka Tunggal Ika,” pungkasnya

 

Penulis : Maradona Duwila

Bagikan:

Tinggalkan Komentar