Percepatan Penurunan Angka Stunting, Pemda Sula Gelar Launching Kampung KB

Percepatan Penurunan Angka Stunting, Pemda Sula Gelar Launching Kampung KB
Oplus_131072  Wabup Sula H. Saleh Marasabessy Buka Kegiatan Launching Kampung KB
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar launching Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB).

Gelar kampung KB tersebut, dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kepulauan Sula, tahun 2024 yang berlangsung di halaman Istana Daerah, Sabtu (8/6/2024) kemarin.

Wakil Bupati Saleh Marasabessy dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan undang undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Hal itu, telah menjelaskan bahwa, penduduk harus menjadi titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan, yakni pembangunan yang dilakukan secara terencana disegala bidang.

Baca Juga:  Konser Artis Uang Merah-Merah, Dihadiri Ribuan Masyarakat Sula

“Program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga atau kita kenal dengan istilah bangga kencana, telah menjadi program prioritas nasional. salah satunya melalui pembentukan, dan pengembangan keluarga berkualitas,” katanya.

Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Utara Nuryamin mengatakan, kampung KB itu adalah sebuah perencanaan kehidupan yang diawali dari komitmen masyarakat dan tokoh di dalamnya termasuk Pemerintah Daerah.

Untuk, lanjut Nuryamin, mendorong Pemerintah Desa dan Kecamatan untuk memperkuat sektor-sektor apa yang menjadi masalah di wilayah itu.

Baca Juga:  Usai Sholat Tarawih, Bupati Kepsul Salurkan 320 Al-Qur'an Ke Mesjid Al-Istiqomah 

“Saya yakin semua kampung di semua wilayah punya masalah termasuk di wilayah kita, makanya di berbagai pertemuan sebelumnya saya sampaikan bahwa Kampung KB paling tidak diawali dengan data, karena kalau data kita tidak memiliki berarti kita tidak bekerja,,” tandasnya

Terpisah, Kepala Dinas PPKB Marini Nurali menyatakan, pembentukan Kampung KB merupakan bagian penting dari program bangga kencana yang harus kita dukung bersama-sama.

Marini bilang, sehinga, pihaknya upaya mendekatkan pelayanan dan pembangunan sektor terintegrasi ke desa-desa, demi terwujudnya pembangunan keluarga yang lebih berkualitas.

Baca Juga:  SPP Galang Dana Capai Puluhan Juta. Bakal Lanjut Aksi Di Waiboga

“Jadi pada tahun 2019, 13 Kampung KB yang berlokasi di 12 Kecamatan telah dicanangkan. Alhamdulillah, dengan dilaunchingnya 65 Kampung KB di tahun ini, maka Kepulauan Sula telah memiliki total 78 Kampung KB. ini artinya bahwa setiap desa di Sula telah mempunyai Kampung KB mencapai 100% ini sudah sesuai dengan target nasional,” pungkasnya mengakhiri

 

Penulis: Maradona Duwila 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar