Pemda Sula Gandeng BP3 Ambon Gelar Pelatihan & Pengelolaan Rumput Laut

Pemda Sula Gandeng BP3 Ambon Gelar Pelatihan & Pengelolaan Rumput Laut
  Lintastimur. Ules Banapon
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Sula bekerja sama dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon (BP3 Ambon) Provinsi Maluku.

Bentuk kerjasama tersebut dalam rangka kegiatan Pelatihan Pengelolaan Rumput Laut di Kepulauan Sula, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa Pohea, Sanana Utara, Kepulauan Sula. Sabtu (07/10/23) Pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten II Setda Kepsul Abdi Umagapi mewakili dan membacakan sambutan Bupati Kepulauan Sula sekaligus membuka kegiatan pelatihan pengelolaan rumput laut di kabupaten kepulauan sula, provinsi maluku utara.

Baca Juga:  Pengadaan KM Sula Bahagia, Bupati Kepsul Ucapkan Terima Kasih Kepada Kemenhub RI

Dalam sambutan Bupati kepulauan sula mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa melalui pemanfaatan potensi yang ada di kepulauan sula khususnya Desa Bajo, Fukweu, Malbufa dan sekitarnya yang memiliki potensi perikanan khususnya rumput laut yang cukup luas.

Asisten II Setda Kepulauan Sula foto bersama dengan Kadis Koperasi dan UKM Perindustrian dan Perdagangan, Perwakilan BP3 Ambon serta Perwakilan Peserta Kepulauan Sula

“Untuk pemanfaatan potensi laut tersebut, diperlukan pengatahuan dan keterampilan yang memadai dalam hal cara budidaya dan pengolahan hasil panen di desanya masing-masing,” Katanya.

Baca Juga:  Bupati Kepsul Ucapkan Terima Kasih Kepada Rektor IPDN

Lebih lanjut, Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan ketrampilan kepada masyarakat sekitarnya agar mampu memanfaatkan potensi rumput laut sebagai sumber penghasilan tambahan. Salah satu bentuk pengolahan rumput laut adalah dibuat menjadi produk makanan dalam bentuk kering maupun rumput laut segar, harapannya masyarakat dapat dimanfaatkan untuk dikelola sebagai makanan tradisional, rumput laut dikonsumsi dalam bentuk sayuran (sup) atau permen, serta campuran kue tradisional lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kadis Koperasi dan UKM Perindustrian dan Perdagangan Kepulauan Sula Djena Tidore menambahkan bahwa kegiatan pelatihan pengelolaan rumput laut tersebut sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab pemerintah terhadap masyarakat di kabupaten kepulauan sula.

Baca Juga:  Galang Dana Di Desa Umaga, Gadis Bersuara Emas Sumbang Lagu

Lebih lanjut, Djena Tidore berharap dalam kesempatan pelatihan pengelolaan rumput laut tersebut dapat memberikan manfaat positif dalam pengolahan rumput laut kepada masyarakat perwakilan desa-desa di kecamatan sanana utara kabupaten kepulauan sula.

Harapannya pasca kegiatan pelatihan pengelolaan tersebut dapat dikelola rumput laut menjadi bahan makanan di daerah kepulauan sula, “Semoga kedepan rumput laut tidak lagi menjual hasil panen ke keluar daerah, tapi hasil panen budidaya rumput laut tersebut dapat dikelola di desanya masing-masing,” Tutupnya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar