Mahkamah Agung RI mengabulkan Permohonan Kasasi PT INDURO INTERNATIONAL

Mahkamah Agung RI mengabulkan Permohonan Kasasi PT INDURO INTERNATIONAL
  Lintas Timur - 23 Januari 2024
Penulis
|
Editor admin

Mahkamah Agung Republik Indonesia mengabulkan Permohonan Kasasi PT INDURO INTERNATIONAL terhadap Meilanah terkait sengketa Merek “INDURO” dimana sebelumnya Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyatakan Gugatan Penggugat tidak dapat diterima (niet ontvankelijke verklaard) – Menghukum Penggugat untuk membayar biaya perkara sebesar Rp.6.690.000 Demikian Laporan Perkara No.1/Pdt.Niaga/Merek/2022/PN.Jkt.Pst.

Kemudian PT INDURO INTERNATIONAL masih melalui Kuasa Hukum nya BUDI RAHMAT, S.H. Advokat dari Kantor Hukum X-PRES PATENT yang beralamat di bilangan Mampang Jakarta Selatan melakukan upaya hukum KASASI ke Mahkamah Agung dan terdaftar dengan nomor perkara : 877 K/Pdt.Sus-HKI/2023 sebagaimana diatur dalam Undang-undang No.20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis pasal 78 ayat (1).”Terhadap Putusan Pengadilan Niaga atas gugatan pembatalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76 ayat (3) dapat diajukan kasasi”.

Baca Juga:  Komitmen DOB Mangoli, Bupati Sula Datangi Kemendagri

Sehubungan dengan selesainya diperiksa oleh Mahkamah Agung terhadap perkara tersebut maka Mahkamah Agung berpendapat : Judex Facti ( Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat) telah salah menerapkan hukum atau melanggar hukum yang berlaku, adapun poin-poin pada pertimbangan Mahkamah Agung adalah

  1. Pemohon Kasasi (dahulu Penggugat) adalah pemilik dan terdaftar merek INDURO tahun 1993
  2. Termohon Kasasi (dahulu Tergugat)beritikad tidak baik dalam mendaftarkan merek INDURO pada 2016
  3. Termohon Kasasi (dahulu Tergugat) tanpa izin dari Pemohon Kasasi (dahulu Penggugat) mendaftarkan merek INDURO
  4. Merek INDURO milik Termohon Kasasi (dahulu Tergugat) mempunyai persamaan pada pokoknya karena terdapat unsur dominan berupa persamaan kata dan bunyi “INDURO” .
Baca Juga:  Sukses Kibarkan Merah Putih, Bupati Ziarah Kuburan Perintis Kemerdekaan

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut diatas Mahkamah Agung Mengabulkan Permohonan Kasasi dari Pemohon & Membatalkan Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat nomor 100/Pdt.Sus-Merek/2022/PN Niaga.Jkt.Pst

BUDI RAHMAT mengatakan perihal sama atau tidaknya suatu merek bukan hanya saja di lihat dari satu sisi misal hanya di lihat sama atau tidaknya kelas barang/jasa, jenis barang/jasa atau etiketnya, unsur-unsur tersebut harus dilihat secara menyeluruh dan satu-kesatuan yang tak terpisahkan.

Baca Juga:  Komitmen DOB Mangoli, Bupati Sula Datangi Kemendagri

Memang dalam hal ilmu tentang Merek itu sekilas terlihat sangat simpel namun sebenarnya cukup kompleks, dapat di lihat dari mulai nya melakukan Pengecekan Merek yang akan dijadikan sebagai ukuran seberapa besar peluang merek tersebut bisa diterima Pendaftarannya, pungkas BUDI RAHMAT, S.H. yang sudah mempunyai jam terbang 12 tahun dalam bidang Ilmu Hukum Kekayaan Intelektual khususnya Ilmu Hukum Merek.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar