Komitmen Pemakaran Desa, Pemda Sula Rapat Bersama Tim Penataan Desa Malut

Komitmen Pemakaran Desa, Pemda Sula Rapat Bersama Tim Penataan Desa Malut
  Lintastimur: Ules Banapon
Penulis
|
Editor

TERNATE,Lintastimur.co.id- Komitmen Bupati Kepulauan Sula Hj. Fifian Adeningsi Mus terkait Defenitif Desa Persiapan Rawa Mangoli dan Umaga bukan sekedar janji manis, kenapa tidak. Pemda Kepulauan Sula menggelar rapat bersama Tim Penataan Desa Provinsi Maluku Utara yang berlangsung di Kota Ternate. Selasa (12/09/23).

Turut hadir dalam rapat tersebut diantaranya, Tim Penataan Desa Prov. Maluku Utara Syamsuddin Banyo, Asisten I Bupati Kepulauan Sula Ahmad Salawane, perwakilan Kaban Bappeda Kepsul, Kabag Pemerintahan Setda Kepsul, Camat Mangoli Utara, Camat Sulabesi Tengah, Kepala Desa induk Waiboga, Kepala Desa Induk Falabisahaya, Pj Kades persiapan Rawa Mangoli, dan Pj Kades persiapan Umaga.

Baca Juga:  Pemda Sula Gandeng BP3 Ambon Gelar Pelatihan & Pengelolaan Rumput Laut

Sesuai rilis Kabag Pemerintahan Setda Kepulauan Sula Suwandi H. Gani mengatakan bahwa Bupati Kepulauan Sula memerintahkan untuk melakukan rapat bersama Tim Penataan Desa Prov Maluku Utara dalam rangka agar dapat mempersiapkan dokumen penatapan definitif kedua desa persiapan yakni Desa persiapan Rawa Mangoli di Kecamatan Mangoli Utara, dan Desa persiapan Umaga di Sulabesi Tengah.

Lebih lanjut, Suwandi menjelaskan bahwa rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat bersama Tim Evaluasi penataan Desa pada tanggal 23 Agustus 2023 lalu, karena pemerintah pusat belum membuka morotorium sehingga pemerintah daerah mempersiapkan kelengkapan dokumen penataan definitif kedua desa sehingga pada saatnya sudah memenuhi syarat sesuai permendagri Nomor 1 tahun 2017 tentang Penataan Desa.

Baca Juga:  DWP Kepsul Berbagi Kepada Warga Terdampak Bencana Banjir di Waitina

“Iya rapat evaluasi dokumen penataan Desa Rawa Mangoli dan Desa Umaga dibahas untuk melngkapi Dokumen administrasi pendukung sesuai persyaratan agar menjadi dasar untuk di tindak lanjut ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Tim Penataan Desa Prov. Maluku Utara,” Ungkapnya.

Kegiatan rapat evaluasi dokumen penataan dua Desa persiapan tersebut mendapat perhatian serius dan apresiasi kepada pemerintah daerah melalui Kepala Dinas BPMD Malut yang juga sebagai Ketua Tim penataan Desa di Provinsi Maluku Utara.

Baca Juga:  Hari Pahlawan, Pemda Gelar Upacara dan Tabur Bunga di Makam Perintis Kemerdekaan

“Insya Allah morotoriumnya di buka maka semua dokumen persyaratan sudah siap, karena penatapan desa definitif itu menjadi keinginan masyarakat di dua desa persiapan tersebut maka, Pemerintah daerah terus berkomunikasi dengan pemerintah provinsi maluku utara untuk menjawab semua keinginan masyarakat sesuai visi-misi Sula Bahagia.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar