KNPI Gandeng OKP Ormas Gelar Upacara Sumpah Pemuda dan Tabur Bunga

KNPI Gandeng OKP Ormas Gelar Upacara Sumpah Pemuda dan Tabur Bunga
  Lintas Timur
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Kepulauan Sula bekerjasama dengan seluruh OKP Ormas menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke- 94 Tahun dengan tema Pemuda Bersatu Menuju Sula Bahagia. Kegiatan sumpah pemuda tersebut diramaikan dengan teater perjuangan Pahlawan Nasional Pattimura Maluku, Tepatnya di Taman Wansosa Kota Sanana, Jum’at (28/10/22) Pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakil Kapolres Kepsul, Perwakil Dandim 1510/Sula, Ketua dan sekretaris KNPI Kepsul, Wakil Bendahara KNPI Malut, Sekretaris GMNI Malut, Pengurus Golkar dan Ketua AMPG Kepsul, Ketua Pemuda Pancasila dan Srikandi Pemuda Pancasila Kepsul, Ketua GMNI Cab Kepsul dan pengurus, Ketua IMM Cab Kepsul dan pengurus, Ketua KOHAT dan Perwakilan HMI Cab Sanana, Pengurus KMMI Cabang Kepsul, Pengurus PMII Cabang Sanana, Ketua Srikandi PP Kepsul dan Pengurus, Ketua LMND Kota Sanana, Pengurus Pemuda Tani Kepsul, Pengurus OSIS puluhan sekolah dan Pemuda Desa-desa se-kepsul serta Panitia sumpah pemuda KNPI Kepsul.

Foto: Ketua KNPI dan Perwakilan TNI Polri serta Pimpinan OKP ORMAS menuju Lokasi Tabur Bunga

Pantauan media ini, dalam kegiatan upacara sumpah pemuda tersebut Kapolres kepulauan sula yang diwakili oleh Kabag OPS Polres Kepsul bertindak sebagai Pembina Upacara, Sekretaris Panitia Perwakilan GMNI Cab Kepsul membacakan teks UUD Republik Indonesia, Ketua DPD KNPI Kepsul membacakan Keputusan Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 serta Sanggar Fat Yaiipa menampilkan Teater Pattimura Maluku.

Baca Juga:  Jelang HUT ke-58, Golkar Sula Buka Lomba Domino dan Jalan Sehat

Ketua DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Sula Samsul A. Banapon kepada sejumlah awak media menyampaikan bahwa dirinya bersama OKP Ormas dan pemuda desa serta OSIS dan Pramuka menggelar upacara peringatan Sumpah Pemuda ke-94 Tahun. “Alhamdulillah kegiatan upacara sumpah pemuda tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan tujuan kita semuanya,” Ungkapnya.

Foto: Ketua KNPI dan Perwakilan TNI Polri serta Pimpinan OKP ORMAS Gelar Tabur Bunga kepada para pahlawan khususnya pemuda yang telah gugur

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KNPI fersi Putri Kharunisya itu mengajak seluruh OKP ORMAS, BEM STAI Babussalam Sula, Pemuda di Desa2 serta masyarakat kepulauan sula agar dapat meningkatkan tali silaturahmi antar sesama, tingkatkan kreativitas generasi penerus dengan semangat kepemudaan menuju Sula Bahagia.

Baca Juga:  Pemda Sula Menyerahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa-desa

Lebih lanjut, Ules menambahkan bahwa sebagai generasi penerus sula dirinya mengajak seluruh pihak agar dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah kepulauan sula untuk mendorong program sula bahagia demi kesejahteraan masyarakat kepulauan sula.

Dalam kesempatan yang sama, Amanah Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan oleh Kabag Ops Polres Kepsul, Sumpah pemuda memberikan perjalanan kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial suku agama ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tongkat kuat menuju kemerdekaan peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa

Baca Juga:  Demi Mempererat Tali Silaturahmi, Bupati Sula Santuni Saudara Nasrani di Auponhia

Lebih lanjut, Peringatan Hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia tema peringatan Hari sumpah pemuda saat ini adalah bersatu bangun bangsa tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Perlu diketahui bahwa pasca upacara, Ketua KNPI dan Perwakilan TNI Polri dan Pimpinan OKP ORMAS Gelar, OSIS, Pramuka serta Pemuda Desa menggelar Tabur Bunga kepada para pahlawan khususnya pemuda yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar