Keindahan Wisata Tanjung Waka di Kepulauan Sula

Keindahan Wisata Tanjung Waka di Kepulauan Sula
  
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Pantai Tanjung Waka di Desa Fatkauyon merupakan destinasi unggulan di Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara. Kenapa tidak, Keindahan panorama tajung waka yang menakjubkan itu mampu menghipnotis para wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kepulauan Sula Misnar Lumbessy kepada media ini mengatakan bahwa pantai tanjung waka merupakan destinasi wisata unggulan di kabupaten kepulauan sula yang juga termasuk sebagai 10 nominasi terbaik kategori festival pariwisata tahun 2023.

Misnar menambahkan bahwa, Salah satu ciri khas tanjung waka tersebut memiliki keunikan dengan pasir putih sepanjang mata memandang yakni 7 km. Hal ini karena banyak serpihan karang yang menghasilkan pasir putih. Kita juga bisa menikmati keindahan pasir putih dengan hamparan laut biru.

Baca Juga:  Tarian Belyai Siap Tampil di Istana Negara Republik Indonesia

Lebih lanjut, Misnar mengatakan bahwa kelibihan di alam bawah laut juga bisa melihat atraksi lumba-lumba dan penyu hanya 30 meter dari bibir pantai. Penyu hijau akan bermunculan saat malam hari untuk bertelur dan berenang di sekeliling pantai. Banyaknya populasi penyu hijau diperairan Tanjung Waka ini dikarenakan arus tenang, sehingga dapat menyediakan sumber makanan sesuai kebutuhannya.

“Aktifitas bawa laut yang sering dilakukan adalah diving dan snorkeling karena banyak spot dive site di tanjung waka yang tak kalah dengan Wakatobi dan Raja Ampat. Keanekaragaman hayatinya yang tinggi masuk dalam wilayah segitiga karang dunia menjadi surga para diver dunia yang berkunjung di kepulauan sula,” Ungkapnya.

Baca Juga:  Laka Baka, Ronggeng & Gambus Sula Siap Tampil di Istana Negara

Salah satu hal yang diharapkan dapat lebih menarik minat wisatawan untuk datang adalah Festival Tanjung Waka, kegiatan tersebut rutin diadakan setiap tahunan, dalam kegiatan tersebut sejumlah budaya khas kepulauan sula dipertunjukkan mulai dari tarian bela yai, tarian laka baka, gambus sua, ronggeng gala, perahu juanga, tarian mansanggia hingga pencak silat.

Dalam kegiatan tersebut juga menampilkan sejumlah UMKM dan Kuliner khas Kepulauan Sula pada festival tanjung waka yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. “Mari sama-sama kita sukseskan Festival Tanjung Waka Tahun 2023,” tutupnya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar