HUT Pramuka, Wakil Bupati Sula Wakili Sambutan Ketua Kwarnas

HUT Pramuka, Wakil Bupati Sula Wakili Sambutan Ketua Kwarnas
Foto: Wakil Bupati Sula H. M. Saleh Marasabessy Bangga Dengan Peserta Perkemahan HUT Pramuka ke-61   Lintas Timur
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Wakil Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) H. M. Saleh Marasabessy secara resmi membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso pada perkemahan lomba memperingati hari ulang tahun (HUT) Pramuka ke-61 Tahun yang dilaksanakan oleh Saka Bhayangkara Polres Kepulauan Sula .

Pantauan media ini, Wakil Bupati selaku Wakil Mabicab Pramuka di kabupaten kepulauan sula hadir dengan seragam lengkap untuk menjadi Pembina Upacara sekaligus membacakan sambutan Ketua Kwarnas dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, H. M. Saleh Marasabessy menyatakan bahwa, tepatnya pada hari ini, 14 Agustus 2022, kita semua segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai genap berusia 61 tahun.

Foto: Peserta perkemahan HUT Pramuka ke-61 Sambut Wakil Bupati Sula dengan sejumlah yel-yel kepramukaan

Tahun ini pula sekaligus kita memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. Untuk itulah kita perlu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah dapat berkembang bersama Gerakan Pramuka.
Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang Iain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita.

Baca Juga:  Luar Biasa, Pemuda Sula Lulus Duta Maritim di Tingkat Nasional

Semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka Iainnya. Di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara Iain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19. Dalam membantu mengatasi dan menanggulanginya, Gerakan Pramuka telah melakukan banyak hal. Saya berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan, sehingga pandemi Covid-19 segera melandai dan kita bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan.

Saya mengucapkan terima kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19. Antara lain melalui kegiatan Gerakan Kedisiplinan Nasional, dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk juga patuh pada protokol kesehatan. Serta kegiatan Gerakan Kepedulian Nasional, dengan menunjukkan sikap empati dan simpati, siap menolong mereka yang terdampak karena pandemi Covid-19 ini.

Foto: Peserta penggalang sambut Ketua Kwarcab dengan Yel-yel Semangat Kepramukaan

Kakak-kakak dan adik-adik telah menunjukkan sikap seorang Pramuka sejati, yang siap menolong siapa pun yang membutuhkan bantuan. Percayalah, apa yang kakak-kakak dan adik-adik lakukan, akan menjadi ladang amal bakti kakak dan adik semua, yang semoga menjadi pahala yang dicatat kebaikannya.

Baca Juga:  IKA Alumni SMP 88 / SMA 91 Gelar Bagi-bagi Takjil di Kepulauan Sula

Bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022. Jamnas tersebut dilaksanakan di Buperta Cibubur, dari 14 sampai 21 Agustus 2022, dan diikuti Oleh kontingen dari seluruh Indonesia, ditambah dari gugusdepan yang berpangkalan di Perwakilan RI di luar negeri, dan sejumlah tamu undangan para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara.

Jamnas tersebut diselenggarakan dengan tema “Ceria, Berdedikasi, Berprestasi”. Saya berharap tema itu juga dapat diterapkan Oleh semua anggota Gerakan Pramuka, terutama adik-adik peserta didik, di mana pun berada. Baik yang ikut maupun yang tidak ikut Jamnas.

Marilah kita tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa, selalu berdedikasi dalam semua aktivitas kita, baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan, maupun Iainnya, dan berusaha mencapai prestasi sebaik-baiknya dalam bidang-bidang yang kakak dan adik tekuni Pada tahun ini juga, akan ada sejumlah kegiatan nasional lainnya. Di antaranya Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu. Marilah kita dukung dan ikut menyukseskan kegiatan-kegiatan tersebut.

Foto: Wakil Bupati Sula dan Forkopimda Kepsul, Ketua Kwarcab, Pamong Saka Foto bersama dengan pengurus Dewan Saka Bhayangkara Polres Kepsul

Sebelum mengakhiri sambutan ini. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, para Menteri, Panglima TNI, Kapolri, dan semua pejabat negara di tingkat pusat, para Gubernur, Walikota, Bupati, dan Camat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah, Majelis Pembimbing Cabang, dan Majelis Pembimbing Ranting, para Pembina Gugusdepan di mana saja, dan semua pihak yang telah ikut membantu mengembangkan Gerakan Pramuka. Khususnya kepada para Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Majelis Pembimbing di semua tingkatan, saya berharap agar dapat terus memberikan bimbingan serta bantuan moril dan materil, untuk memajukan Gerakan Pramuka.

Baca Juga:  Dinas Kesehatan Tetap Berjuang Wujudkan Sula Bahagia

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anakanaknya dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung gerakan pendidikan kepanduan yang kita cintai bersama.
Diakhir sambutan Wakil Bupati dan Forum komunikasi pimpinan daerah (OPD) kepulauan sula dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Sula, Wakil Ketua II DPRD Kepsul, Kepala Desa Umaloya, Bapak ibu dewan guru serta Ketua dan pengurus dewan Saka Bhayangkara Polres Kepulauan mengunjungi bumi perkemahan mulai dari tenda putra penegak hingga tenda putri penggalang.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati dan Forkopimda Kepsul serta Ketua Kwarcab Kepsul itu disambut dengan sejumlah yel-yel kepramukaan baik di tingkat pengak maupun penggalang di bumi perkemahan memperingati HUT Pramuka ke-61 Tahun di Kabupaten Kepulauan Sula.

Perlu diketahui bahwa kegiatan perkemahan sekaligus upacara HUT yang dilaksanakan oleh dewan saka bhayangkara polres kepulauan sula itu bukan sekedar perkemahan dan Upacara HUT, akan tetapi ada puluhan jenis mata lomba di tingkat penggalang dan lomba tingkat penegak se- kabupaten kepulauan sula.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar