Hari Terakhir, Camat dan Kades Kepsul Studi di Desa Bungursari

Hari Terakhir, Camat dan Kades Kepsul Studi di Desa Bungursari
  Lintastimur: Dhona
Penulis
|
Editor

PURWAKARTA, Lintastistimur.co.id– Bimtek Hari Terakhir di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Para Camat dan Kades se- Kepulauan Sula melakukan Studi di Desa Bungursari Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Senin (27/11/2023).

Dalam sambutannya Asisten I Setda Kepsul Ahmad Salawane mengatakan bahwa kunjungan di dua desa tersebut untuk mempelajari tata cara pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dan Website Desa atau Toko Online agar dapat memasarkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kepulauan Sula.

Foto: Para Camat dan Kepala Desa Kepulauan Sula saat menerima materi di Desa Bungursari, Purwakarta, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan bahwa sejumlah wilayah di Kepulauan Sula masih terkendala dengan jaringan telekomunikasi. Namun dengan informasi yang kades-kades dapat di dua desa ini menjadi motivasi buat mereka, semoga kedepan para kades di Kepulauan Sula dapat memasarkan produk-produk UMKM melalui websitenya masing-masing.

Baca Juga:  Bupati Resmi Menutup Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Kepsul

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Bungursari Hj. Nur Ela mengucapkan selamat datang kepada Pemerintah Daerah Kepulauan Sula khusunya para kepala desa dan camat yang telah berkunjung di Desa Bungursari untuk bersama-sama belajar bagaimana cara melayani masyarakat di desa, pengelolaan Bumdes serta memasarkan UMKM melalui website desa.

Kami berharap, Bapak Ibu kepala desa juga bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mengelola Bumdes serta memasarkan produk-produk UMKM maupun lainnya melalui website desa. Karena tuntutan jaman maka desa tidak boleh diam dan harus mengambil bagian, Pasar online sangat menjanjikan untuk UMKM kita Desa.

Baca Juga:  Masyarakat Pulau Mangoli Dukung Pemekaran, ini yang Disampaikan Wabup Sula

Kades perempuan itu mengatan bahwa, dirinya sangat bersyukur atas kedatangan para kepala desa dan camat di Desa Bungursari. Semoga pengalaman yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat dan diterapkan di masing-masing kepala desa dan camat di Kepulauan Sula.

“Misi saya adalah Mengabdi dengan hati, bekerja dengan aksi”, Tutupnya.

Perlu diketahui bahwa pihak Institut Pemerintahan Dalam Negeri akan melakukan upacara penutupan kegiatan Bimbingan Teknis dan Studi Komparasi Peningkatan Kompetensi para Camat dan Kepala Desa Kepulauan Sula, Selasa (28/11/23) di Kampus IPDN Jakarta. tepatnya Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan. (Dhona)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar