Gelar Apel Siaga, Ketua Bawaslu Sula Minta Pers Awasi Pemilu

Gelar Apel Siaga, Ketua Bawaslu Sula Minta Pers Awasi Pemilu
  Lintas Timur
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula, akan menggelar Apel Siaga Pengawasan dan Deklarasi Pemilu Damai.

Apel yang melibatkan Ketua-ketua Partai politik, Pemerintah Daerah Sula, Forkopimda, dan seluru komisioner Panwascam hingga panwasdes itu, berlangsung di depan Istana Daerah, Desa Fagudu Kecamatan Sanana. Rabu (13/12/2023)

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sula, Ajuan Umasugi menjelaskan, kegiatan Apel Siaga Pengawasan dan Deklarasi Pemilu Damai ini, merupakan salah satu upaya bentuk sosialisasi.

Baca Juga:  Penanganan Masalah Hukum, Pemda dan Kejari Sula Tanda Tangan MoU

Selain Sosialisasi, ini juga bentuk koordinasi, dan upaya mendorong partisipasi masyarakat antuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas.

Ajuan menghimbau kepada masing-masing jajaran pengawas Pemilu di Kecamatan dan Desa, agar membuat trategi khusus untuk pengawasan kampanye di media sosial.

Katanya, demi menjaga identifikasi tagar populer yang menyeberluaskan informasi tidak benar dan tren yang terpenting adalah diawasi.

Selain itu, Tambah Ajuan, fokuskan pengawasan di ruang publik, termasuk antisipasi dalam pertemuan umum dan acara kampanye lainnya.

Baca Juga:  Luar Biasa, Plt. Kadis Pendidikan Sula Pantau Siswa Ulangan

Lebih lanjut, Ia menegaskan, Pastikan pengawasan yang cermat terhadap interaksi pelaksa dan tim kampanye, serta para calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

“Kami mendorong Pengawas Pemilu untuk berinteraksi aktif dengan masyarakat, mendengarkan keluhan atau laporan serta memberikan pemahaman kepada mereka dalam menjaga integritas Pemilu,” tandasnya

Bukan hanya itu, Ajuan juga mengajak dan berharap kepada Insan Pers untuk mengawasi proses Pemilu yang akan berlangsung di februari tahun 2024 mendatang.

Baca Juga:  Bupati Kepsul Panen Raya di Kebun Tani Desa Fogi, ini Harapan Ketua Kelompok

“Kami berharap kepada Teman-teman Insan Pers, marilah sama-sama kita mengawasi proses Pemilu yang akan berlangsung ini, agar kita semua bisa menghadirkan Pemilu tahun 2024 menjadi Pemilu demokratis, bermartabat, dan berkualitas,” pungkasnya mengakhiri. (Dhona)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar