Dokumen DOB Mangoli Raya Lengkap, ini yang Disampaikan Bupati Sula 

Dokumen DOB Mangoli Raya Lengkap, ini yang Disampaikan Bupati Sula 
  Foto: Pemerintah Daerah Kepulauan Sula Gelar Pres Releasse
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Usai Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula menggelar Pres Releasse terkait penyerahan Dokumen Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Mangoli Raya. Jum’at (31/5/2023)

Sebagai prioritas dan kerja keras yang serius dari Pemerintah Daerah untuk menindaklanjuti kelengkapan dokumen terkait Pemekaran Mangoli Raya, Provinsi Maluku Utara yang tercatat dalam regestrasi Kemendagri sebagai usulan DOB.

Alhasil, bertepatan dengan momen perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Sula ke-21, Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati, Fifian Adeningsi Mus yang didampingi Wakil Bupati, M. Saleh Marasabessy, secara resmi menerima dokumen persyaratan yang diberikan langsung oleh Ketua Tim Pangkajian Dokumen Pemekaran DOB Mangoli Raya, Prof. Dr. Muhadam Labolo.

Baca Juga:  Pemda Sula Dapat Bantuan 30 Milyar Lebih Dari Kementerian Desa PDTT RI

Prof. Muhadam menyampaikan, Pemda Sula telah selesai menyusun dokumen DOB Kabupaten Mangoli Raya, dan dinyatakan sesuai persyaratan sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2007 Tentang Daerah Otonomi.

“Dari empat variabel: demografi, ekonomi, kemudian kemampuan daerah, dan keuangan. Saya kira, di dalam laporan sudah memenuhi syarat,” ungkapnya

Katanya, setelah dokumen diserahkan, selanjutnya menjadi kewenangan Pemerintah Daerah untuk menyampaikan ke Pemerintah Pusat dan DPR atau Lembaga Eksekutif maupun Legislatif.

Baca Juga:  Curigai Adanya dugaan penggelembungan suara, Ini Kata Kuasa Hukum DPD Golkar Papua Barat

“Itu tugas Pemerintahan Daerah,” ujarnya

Terpisah, di kesempatan itu, Bupati Kepulauan Sula FAM menambahkan, upaya Pemekaran DOB Kabupaten Mangoli Raya merupakan bagian dari mewujudkan visi-misi pada saat melakukan kampanye Calon Bupati dan Wakil Bupati.

“Alhamdulillah kita sudah menyiapkan dokumen sebaik-baiknya, selengkap-lengkapnya, dan tepat waktu. Di Maluku Utara, kita berada di urutan kesatu terkait dengan kesiapan dokumen Pemekaran Daerah Otonomi Baru. Kita akan terus berusaha semaksimal mungkin, semoga moratorium dibuka, Kabupaten Mangoli Raya segera dimekarkan,” pungkasnya

Baca Juga:  Bupati Tinjau Proyek Renovasi Masjid Raya Kepulauan Sula

Diketahui, Pemerintah Daerah Kepulauan Sula bersama Tim Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB), sebelumnya sudah melakukan rapat kajian pembentukan pemekaran Kabupaten Mangoli Raya. Kajian tersebut, berlangsung di ruang Aula Istana Daerah, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana pada November 2023 lalu.

 

Penulis : Maradona Duwila

Bagikan:

Tinggalkan Komentar