Bupati Kepsul Gelar Panen Raya di Desa Waitulia

Bupati Kepsul Gelar Panen Raya di Desa Waitulia
  Lintas Timur
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sula, menggelar kunjungan kerja sekaligus Panen Raya di kebun milik kelompok tani Waitulia Indah di Kecamatan Mangoli Tengah. Senin (8//1/2024)

“Sebenarnya di para Petani di Desa Waitulia ini sudah terbilang Petani sukses. Selaku Pemerintah Daerah, tentunya kita perlu untuk lebih mensuport lagi,” ungkap Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus saat di wawancarai Lintastimur.co.id.

Ningsi menjelaskan, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Alien Mus telah memberikan Bantuan melalui. bantuan Aspirasi dan Pemda Sula melalui Dinas Pertanian juga suda melakukan koordinasi untuk memberikan Bantuan lainnya.

“Kamarin sudah ada bantuan dari Ibu DPR RI, Alien Mus melalui bantuan aspirasi. Dan kita juga sudah rapat bersama tim anggaran Pemda, dan khususnya Ibu Kadis Pertanian untuk memberikan bantuan-bantuan. Baik berupa bibit, pupuk, maupun alat-alat penduduk pertanian,” katanya

Baca Juga:  Direstui Keluarga, Aliong Mus Optimis Terpilih Sebagai Gubernur Maluku Utara

Senada, Wabup Sula H. Saleh Marasabessy membeberkan, Sebenarnya Kepulauan Sula ini, tanaman holtikultura masih dipasok dari luar. Olehnya itu, kita sebagai Pemerintah Daerah mempunyai langkah-langkah untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Kepulauan Sula tersebut.

Lebih lanjut, Saleh Mengungkapkan, dengan upaya yang dilakukan saat ini, kedepan Pemda Sula bakal menjadikan kawasan tersebut sebagai sentral pengembangan pertanian.

“Upaya yang kita lakukan saat ini, Alhamdulillah sudah jalan. Tinggal kekurangan yang sebagaimana yang disampaikan, kita lengkapi. Sehingga fokus kita kedepannya, kawasan-kawasan ini dijadikan sentral pengembangan untuk bisa mengantisipasi holtikultural. Kalau ini yang kita lakukan, sudah tentu dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dari sektor pertanian,” tandasnya

Baca Juga:  Sambut HKN, Dinkes Sula Gelar Pengobatan Gratis & Sunatan Masal

Sementara, Ketua Kelompok Tani Waitulia Indah Abdullah Haji Muhammat, kepada awak media meminta, agar Pemerintah Daerah bisah membantu memberikan obat-obatan berupa Insektisida, Fungisida, Pestisida, Fertilizer dan Herbisida.

“Kita minta agar Pemda dapat membantu kami dalam kalangan obat-obatan,” pintanya

Selain itu, Abdullah mengatakan, ia juga membutuhkan sejumlah alat produksi untuk membantu meringankan pekerjaannya, pada lahan dengan luas 2,5 hektar.

“Selain itu, alat yang perlu ditambah karena kekurangan kami yaitu, Yonder, pompa dan kultifator untuk lahan 2,5 hektar,” ujarnya

Terpisah Kepala Desa Waitulia Kecamatan Mangoli Tengah, Ridwan Buamona mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus, karena telah memberikan bantuan kepada Kelompok Tani, berupa sejumlah obat-obatan.

Baca Juga:  Kunjungi Dua Kecamatan, Ini Pesan Bupati Kepulauan Sula

“Kami dari Pemerintah Desa Waitulia sangat berterima kasih dan antusias atas kedatangan Bupati dan rombongan dalam rangka panen di kebun Desa Waitulia dan penyerahan bantuan pupuk kepada kelompok tani,” ucapnya

Ia berharap, kedepan Pemda Sula dapat memberikan bantuan yang lebih banyak lagi di sektor Pertanian.

“Besar harapan kami, dengan kunjungan ini kedepannya, Desa Waitulia lebih banyak dapat bantuan lagi dari pemerintah daerah dan perhatian, untuk pengembangan sektor pertanian di Desa Waitulia,” pungkasnya

Dikatuhui, Panen Raya yang dilakukan oleh Bupati Kepsul, Berupa Eggplant (Sayur Terong), Cucumber (Buah Timun), Watermelon (Buah Semangka) dan Potato (Petatas). (Dhona)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar