Buka FTW 2023, Deputi Kemenparekraf Sebut Sula Miliki Banyak Destinasi Wisata Alam

Buka FTW 2023, Deputi Kemenparekraf Sebut Sula Miliki Banyak Destinasi Wisata Alam
  Lintas Timur
Penulis
|
Editor

SANANA,Lintastimur.co.id — Deputi Pengembangan Destinasi dan Infastruktur Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Haryanto, secara resmi membuka kegiatan Festival Tanjung Waka Kabupaten Kepulauan Sula Tahun 2023, pada Sabtu (04/11/23).

Dalam sambutannya, Haryanto mengatakan bahwa dirinya mewakili Kemenparekraf RI di FTW Kepulauan Sula, pertama-tama kami mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan semua pihak yang berkolaborasi dalam mensukseskan kegiatan festival tanjung waka tahun 2023.

Menurutnya, penyelenggaraan event kedua yang masuk dalam Karisma Event Nusantara ini menjadi kebanggaan masyarakat dan semua pihak. Sebab, ini merupakan capaian prestasi sebuah festival yang digelar di Indonesia Timur khususnya di Provinsi Maluku Utara.

Terlebih dengan antusias masyarakat, menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata setidaknya melibatkan masyarakat dan antusiasnya sungguh luar biasa.

Lebih lanjut, Haryanto menyebutkan bahwa destinasi wisata alam, menjadi daya tarik atraksi wisata andalan di Provinsi Maluku Utara. Khususnya untuk Kabupaten Kepulauan Sula memiliki banyak potensi destinasi unggulan alam. Ada, Pantai Tanjung Waka, Pulau Pagama, Telaga Kabau, dan Air Terjun di Desa Wailau.

Baca Juga:  Luar Biasa, Plt. Kadis Pendidikan Sula Pantau Siswa Ulangan

“Iya kepulauan sula memiliki destinasi unggulan yang luar biasa, ini merupakan daya tarik wisata yang dapat memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan Nasional maupun Mancanegara khususnya pencinta wisata alam dan bahari,” Katanya.

Semoga potensi destinasi wisata dan budaya di kepulauan sula ini dapat meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat kepulauan sula khususnya dan provinsi maluku utara pada umumnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Sula, Hj. Fifian Adeningsi Mus mengucapkan selamat datang Deputi Pengembangan Destinasi dan Infastruktur Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Dubes Spanyol, Wakil Gubernur Maluku Utara dan Ibu di Kabupaten Kepulauan Sula, kedatangan bapak ibu di lokasi festival tanjung waka desa fatkauyon menjadi suatu kebanggaan kami, masyarakat kepulauan sula.

Baca Juga:  Panitia Muscab Kwartir Sula Gelar Rapat Perdana

Lebih lanjut, Bupati Ningsi mengatakan bahwa festival tanjung waka tahun 2023 ini merupakan kegiatan kelima sejak tahun 2017, namun di tahun 2022-2023 ini dilaksanakan secara nasional dan melibatkan masyarakat banyak di kabupaten kepulauan sula, semuanya dilakukan tak lain untuk menarik wisatawan lokal nasional maupun mancanegara untuk berkunjung di Wisata Tanjung Waka kepulauan sula.

“Karena kabupaten kepulauan sula saat ini terus berusaha dan kerja keras untuk pembangunan destinasi pariwisata sebagai sektor adalan serta salah satu unggulan di kabupaten kepulauan sula, insya Allah kedepan dapat bermanfaat untuk kemajuan daerah yang sama-sama kita cintai,” Harapannya.

Baca Juga:  Bupati Resmi Menutup Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Kepsul

Bupati perempuan pertama di provinsi maluku utara itu menambahkan bahwa kegiatan promosi destinasi wisata seperti tanjung waka juga membutuhkan sektor lainnya seperti kelautan dan perikanan, budaya dan kuliner serta kearifan lokal lainnya di kabupaten kepulauan sula.

Kami juga mendapat Juara 1 sebagai Event Festival pariwisata terbaik yang diberikan lansung oleh Anugerah Pesona Indonesia untuk Festival Tanjung Waka terbaik di Tahun 2023, Tentu prestasi tersebut atas kerjasama antara masyarakat dan komunitas serta pemerintah daerah kepulauan sula.

Perlu diketahui bahwa, pembangunan dan promosi sektor pariwisata di kepulauan sula terus dilakukan dan sudah didukung oleh Negara Spanyol dua tahun berturut. Selain Spanyol ada Australia, Inggris, Portugal juga siap bantu untuk promosi destinasi wisata Tanjung Waka,” Tutupnya. []

Bagikan:

Tinggalkan Komentar